Semangat Mengajarkan Al Quran di Kelantan






Alhamdulillah, setelah selama satu minggu di Kota Bharu, Kelantan Malaysia. Tim Dangau Aulia kembali ke Jakarta dengan selamat. Selama enam hari kami berbagi ilmu dalam program Pelatihan Mengajarkan Al Quran metode Al Jauhar.

Metode Al Jauhar?...... yaa... sebuah metode mengajarkan baca tulis Al Quran sistem cepat (enam kali pertemuan) yang insya Allah melengkapi berbagai metode belajar Al Quran yang sudah ada di negeri Indonesia ini.

Walaupun Kelantan adalah negeri (provinsi) dengan sistem syariah Islam dan dipimpin oleh seorang meteri besar (gubernur) yang juga seorang ulama, Tok Guru Nik Aziz, namun tetap saja ada sebagian masyarakat Kelantan yang belum fasih membaca Al Quran. Bahkan untuk daerah-daerah terpencilnya (suku anak dalam) belum tersentuh sama sekali dengan huruf Al Quran.

Oleh karena itulah diadakan Program Pelatihan Mengajarkan Al Quran Metode Al Jauhar ini, yang diselenggarakan pada tanggal 24-28 Februari 2009 di Taman Aulia Pulau Gajah, Kota Bharu Kelantan, dan dikoordinir oleh Puan Rohaidah Kimat dari Kilang Ain Medicare Sdn, Bhd, serta Cik Abdurrahim dari kilang Gas Pantai TImur Sdn Bhd

Para peserta berasal dari kilang (perusahaan) Ain Medicare, Gas Pantai Timur, NST Logistic, Ainnosa, juga ada dari Rumah Putri Harapan dan Islamic Outrich ABIM. Mereka inilah yang nantinya akan meneruskan untuk mengajarkan Al Quran kepada setiap individu muslim yang buta huruf Al Quran.

Metode Al Jauhar yang menggunakan pendekatan huruf latin (rumi) dianggap sebagai nilai tambah lebih sehingga murid tidak dibebankan hafalan yang banyak. Dengan metode ini hanya dibutuhkan sedikit waktu saja, tidak lebih dari satu jam per pertemuan. Sedangkan materi yang diajarkan dalam satu pertemuan bisa membuat murid (peserta didik) mengenal jenis huruf, lafadz huruf, dan juga bentuk huruf al Quran.

Yang menarik dari program ini adalah pada akhir pelatihan, setiap peserta diminta berkumpul berdasarkan asal kelompoknya masing-masing, yaitu Ainemdicare, Gas Pantai Timur, ABIM, NST Logistic, dan Rumah Putri Harapan. mereka masing-masing membuat action plan untuk mempraktekkan metode Al Jauhar di tempat masing-masing... sungguh luar biasa.

Bahkan Cik Raim bertekad untuk mengajarkan Al Quran dengan metode Al Jauhar kepada 200 orang karyawan GPT... Allahu Akbar... semoga Allah memudahkan urusan Cik Raim...

Pada saat pelaksanaan Program ini Puan Rohaidah Kimat begitu bersemangat mengikuti setiap sesi. Namun Allah berkekendak lain, Ayahanda Puan Rohaidah meninggal dunia. Tepat setelah selesai seluruh rangkaian sesi Metode Al Jauhar, Jumat petang (sesaat sebelum waktu maghrib) kami mendengar kabar wafatnya Ayahanda puan Rohidah, innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Semoga Allah menerima segala amal ibadahnya dan menempatkan beliau ditempat terbaik disisiNYa.

Walaupun ayahandanya sedang sakit ginjal, dan dalam perawatan hospital, namun Puan Rohaidah tetap semangat mengikuti sesi-sesi pelatihan. Semoga hal ini dapat menjadi amal Puan Rohaidah yang dapat meringankan beban ayahanda di hari akhirat nanti.

Akhirul kalam.... semoga dengan metode Al Jauhar ini akan lebih banyak lagi masyarakat yang melek (celek) baca Al Quran. dan semoga dengan banyak membaca Al Quran maka Allah akan turunkan keberkahan dan rahmat kepada ummat muslim di dunia. amin.

note:
Album foto kegiatan Program Pelatihan Mengajarkan Al Quran Metode Al Jauhar di Taman Aulia Pulau Gajah Kota Bharu Kelantan dapat dilihat di galery foto www.pencerahanti.com








Komentar

Postingan Populer