Jaringan Sanabil




Alhamdulillah, ditahun 2010 ini Dangau Aulia kembali mendapat kepercayaan dari pihak luar, dan kali ini kepercayaan tersebut datang dari PT Sanabil Era Internasional atau dikenal dengan nama Jaringan Sanabil, untuk menyelenggarakan program pelatihan baru yaitu Program Pelatihan Manasik Umroh/Haji.

Manasik yang diselenggarakan sangat menekankan kepada aspek persiapan mental dan rohani sehingga program manasik Jaringan Sanabil diselenggarakan lebih komprehensif. Untuk program manasik umroh, diselenggarakan sebanyak 2 sesi, dimana masing-masing sesi diselenggarakan selama 2 hari 1 malam di Dangau Aulia. Sedangkan program manasik umroh diselenggarakan sebanyak 5 sesi, dimana setiap sesi diselenggarakan selama 2 hari 1 malam. Program ini diselenggarakan secara reguler dengan waktu yang telah ditetapkan, secara lebih lengkap keterangan jadwal program dapat dilihat melalui situs jaringan sanabil.

 

MUKADDIMAH

Pergi ke tanah suci Mekkah dan berziarah ke makam Rasulullah SAW, merupakan sebuah perjalanan yang diinginkan oleh setiap ummat muslim. Melaksanakan ibadah umroh ataupun Haji adalah dambaan setiap insan muslim.

Manakala niat yang kuat sudah ditanamkan, maka insya Allah, Allah akan memudahkan jalan untuk hambaNya yang ikhlas.

Mempersiapkan diri untuk melaksanakan umroh atau haji haruslah dimulai sedini mungkin, maka rangkaian manasik umroh/haji sepatutnya menjadi kebutuhan setiap muslim.

Untuk menjalankan ibadah umroh/haji yang lebih khusyu’ diperlukan persiapan yang baik, termasuk juga didalamnya manasik umroh/haji yang baik.

Manasik umroh/haji bukan sekedar mengajarkan tata cara dan ritual ibadah saja, namun lebih jauh dari itu. Calon jamaah dibimbing untuk memahami makna dari setiap rangkaian ibadah umroh/haji. Tidak sekedar melafadzkan talbiyah, tapi juga meresapi dan memahami makna tiap-tiap kalimat talbiyah, tidak sekedar berjalan thawaf, ataupun sai, tetapi memahami makna dibalik rangkaian ibadah tersebut.

Dalam manasik umroh/haji calon jamaah dibimbing untuk:
- Meluruskan niat semata karena Allah,
- Mengenal fitrah manusia sebagai hamba Allah,
- Memahami makna dari tiap-tiap rangkaian ibadah,
- Dan pada akhirnya mempraktekkan dalam bentuk simulasi.

Dengan demikian calon jamaah mendapatkan manasik yang komprehensif/menyeluruh.






Komentar

Postingan Populer